Kue Bapal Coklat

Bahan Adonan:

    4 kuning telur
    3 putih telur
    150 gram gula pasir
    100 gram tepung terigu
    25 gram coklat bubuk
    200 cc santan = 1 butir kelapa
    ½ sdm mentega cair
    Vanili secukupnya
    Garam secukupnya
    100 gram cokelat masak, 

    dipotong kecil-kecil (1/2 x ½ x ½ cm)

Bahan Bapal:

    75 gram tepung terigu
    75 cc air hangat
    ½ sendok ragi dadak (fermipan / saf instant)


Cara membuat Kue Bapal Coklat :

Uleni seluruh bahan babon dengan tangan sampai betul-betul halus. Lalu diamkan selama 30 menit.
Kocok telur bersama gula pasir dan vanili hingga kental. Diamkan.
Campur tepung terigu bersama tepung bubuk coklat lalu ayak. Masukkan campuran ini ke dalam babon yang sudah didiamkan selama 30 menit. Aduk dengan tangan hingga adonan berbutir-butir.
Tuangkan kocokan telur perlahan-lahan sampai adonan licin. Kemudian tuangkan santan yang telah dicampur dengan garam, aduk perlahan hingga rata. Terakhir tambahkan mentega cair. Lalu aduk kembali.
Diamkan adonan selama 3 jam. Jangan sampai mendiamkan adonan lebih dari 3 jam karena kue akan terasa asam juga adonan akan turun saat dipanggang.
Setelah 3 jam, siapkan cetakan bapel. Olesi dengan minyak, panaskan kemudian olesi kembali dengan minyak dan panaskan kembali. Ulangi lagi setelah itu cetakan siap pakai.
Tuang adonan ke dalam cetakan. Cetakan yang cukup panas akan mengeluarkan bunyi saat dituangi adonan. Sebarkan coklat masak lalu tuang kembali adonan. Panggang hingga matang.
Potongan cokelat yang disebarkan harus tertutup adonan karena coklat yang menempel di dasar cetakan dapat mengakibatkan kue jadi hangus.
Mengisi adonan tidak boleh terlalu sedikit supaya hasil kue jadinya rata dan tidak melempem bagian tengahnya. Sebaliknya bila adonan telah penuh, adonan kue akan meluap keluar cetakan.

Tidak ada komentar:

Random Recipes

Jajanan Traditional

Dessert Recipes